Penggunaan perintah cmd.exe

21.8.10 § 0

Untuk lebih mengenal cmd.exe ada baiknya temen-temen mencoba untuk melakukan experimen dengan perintah-perintah yang tersedia dalam cmd. kalau ingin melihat semua perintah dalam cmd,tinggal ketik "help". nah untuk lebih spesifiknya tinggal kita ketik "namaperintah /?" misalnya "attrib /?" maka akan tampil cara untuk menggunakannya. Gue saranin nih,jangan sekali-kali nyoba perintah ASSOC ,dampaknya bisa berabe karena bisa mengganti semua extensi yang ada dalam komputer. haha. Untuk lebih aman silahkan teman-teman baca keterangannya dulu.






Cara membaca perintahnya gini nih(sotoy). Misal kita mau tau cara penggunaan dari perintah "attrib" maka ketik "attrib /?"


Maka akan keluar bacaan ga jelas seperti di atas. Kita coba terawang yuuk.


Nah usut punya usut pada bagian "cara penggunaan perintah" itu adalah ya cara penggunaan perintahnya. hehe. Misalnya pada gambar di atas keluar seperti ini :

ATTRIB  [ +R | -R ] [ +A | -A] [ +S | -S ] [ +H | -H ]  [drive:] [path] [filename]

Maka kita tinggal mengikuti aturan tersebut,tapi tanda "[]" jangan diikutkan dalam pengetikan. misal kita ketik "attrib +h namafile/letakfile" untuk menghidden (bukan superhidden). contoh nyatanya nih. "attrib +h nama.gif" untuk file bernama nama.gif jika kita sudah masuk direktori tempat filenya atau "attrib +h d:\nama.gif" untuk letak file di direktori d dengan nama file nama.gif . Nah usut punya usut juga tataletak dari penulisan perintahnya terbalik-balik juga tidak masalah jadi bisa nulis kaya di atas atau letaknya di balik jadi "attrib nama.gif +h" atau  "attrib  d:\nama.gif +h"

Artikel Terkait



What's this?

You are currently reading Penggunaan perintah cmd.exe at Cerita dari Aditya.

meta

§ Leave a Reply