Virus Stuxnet Didanai AS & Israel?

28.9.10 § 0

BERLIN - Virus yang disebut Stuxnet mempunyai tingkat kecanggihan yang berbeda dengan virus lainnya ini, menurut para peneliti mungkin saja dibuat oleh sebuah organisasi yang dsokong oleh pemerintah Amerika Serikat dan Israel.

"Tingkat kecanggihan dalam pemrograman worm dan kemampuannya untuk menyembunyikan dirinya itu mungkin telah dibangun oleh sebuah organisasi yang disponsori pemerintah di negara-negara seperti Amerika Serikat atau Israel," kata Rieger, Kepala teknologi GSMK, pembuat ponsel dienkripsi.

Dikutip melalui TechPinger, Senin (27/9/2010), dugaan ini muncul sebab Rieger memperkirakan bahwa worm akan diperlukan tim sebanyak 10 programmer terampil bekerja, yang bekerja selama sekira enam bulan untuk membangun itu, dengan biaya setidaknya USD3 juta.

"Sebuah worm komputer yang telah menginfeksi komputer industri di seluruh dunia dapat menjadi bagian dari kampanye yang menargetkan instalasi nuklir di Iran," sebut peneliti asal Berlin, Jerman, tersebut.

Para ahli keamanan pertama kali mengetahu virus Stuxnet pada bulan Juni, tetapi hanya diungkapkan kemampuannya untuk menginfeksi sistem industri utama dalam beberapa pekan terakhir.

"Ini adalah sabotase cyber," kata Roel Schouwenberg, seorang peneliti senior untuk perusahaan keamanan Kaspersky Labs.

"Stuxnet dirancang untuk menjatuhkan pada dasarnya sistem keamanan atau mencatat operasi tertentu," sebutnya.



sumber : okezone.com

Artikel Terkait



What's this?

You are currently reading Virus Stuxnet Didanai AS & Israel? at Cerita dari Aditya.

meta

§ Leave a Reply